Sunday, February 5

CISC Luncurkan Buku Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara

Indonesian Cancer Information and Support Center Association (CISC) hari ini luncurkan buku berjudul ‘Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara’. Buku panduan informatif dan praktis ini berisi navigasi yang dibutuhkan oleh pasien kanker, khususnya kanker payudara. Dalam perjalanan, maupun pengetahuan kontinu perawatan kanker di Indonesia.

Ketua Umum CISC, Aryanthi Baramuli Putri, SH.,MH, mengungkap jika buku ini merupakan persembahan organisasi pasien. Mengingat di Indonesia, mayoritas pasien kanker payudara yang datang ke rumah sakit terdiagnosis pada stadium lanjut. Di samping itu, banyak tantangan yang dihadapi pasien dan keluarga untuk mendapatkan akses ke pengobatan kanker secara medis dan tepat waktu.

"Maka kami berharap buku ini dapat turut membantu mengatasi masalah yang dihadapi pasien kanker dan keluarganya," ungkapnya pada acara launching buku tersebut secara virtual, Kamis (29/11/2022). Dalam sambutannya, Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, KEMD, Ph.D, mengungkapkan, Buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara telah terselesaikan dengan baik. Kehadirannya merupakan petunjuk tentang salah satu upaya berbasis komunitas guna mengatasi hambatan yang dihadapi pasien.

Agar dapat memperoleh akses tepat waktu ke seluruh rangkaian perawatan kanker payudara. "Oleh karena itu, saya sangat menyambut baik terbitnya buku ini dengan harapan upaya ini menjadi langkah bersama untuk mengintegrasikan pelayanan kanker yang berkualitas," tegas Dante pada acara yang sama. Buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara terdiri dari enam bab yang diperkaya dengan hasil wawancara tim penulis dengan para pakar.

Berisi tentang tujuan, sasaran, ruang lingkup pasien navigator; kebijakan dan strategi; etika navigasi pasien. Serta hak dan kewajiban pasien; konsep dasar navigasi pasien; pengorganisasian dan sistem rujukan; dan monitoring dan evaluasi. Panduan ini pun dilengkapi dengan lampiran tentang sekilas kanker payudara.

Lalu ada sebaran dokter spesialis onkologi dan rumah sakit layanan kanker. Sehingga menjadi lebih informatif dan praktis, juga dapat menjadi panduan umum serta memberikan motivasi bagi siapa saja. Baik yang berlatar belakang medis maupun awam.

Termasuk para penyintas kanker yang ingin menjadi navigator pasien kanker payudara atau sekadar untuk menambah pengetahuan Buku panduan yang bisa diakses secara gratis dan elektronik ini, diharapkan bisa mengisi ‘gap’ yang dihadapi oleh pasien kanker payudara. Buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara dapat diakses melalui link .

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *