Tuesday, February 27

11 Manfaat Penting Zinc untuk Kesehatan Tubuh

Zinc adalah mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjalankan berbagai fungsi penting. Zinc termasuk dalam kelompok mineral mikro yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh manusia. Di lansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat zinc untuk kesehatan tubuh manusia:

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh: Zinc membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengaktifkan sel darah putih bernama limfosit T, yang mampu menangkal berbagai patogen penyebab penyakit.
  2. Mempercepat penyembuhan luka: Zinc membantu meredakan peradangan, menahan pertumbuhan bakteri infeksi, dan memproduksi kolagen yang mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
  3. Mencegah peradangan: Zinc meredakan stres oksidatif pada tubuh dan menurunkan risiko penyakit akibat peradangan seperti penyakit jantung, pneumonia, dan kanker.
  4. Menyembuhkan jerawat: Zinc dapat memerangi bakteri propionibacterium acnes dan mengurangi aktivitas kelenjar minyak pada kulit, sehingga membantu menyembuhkan jerawat.
  5. Menurunkan risiko penyakit katarak: Zinc dapat mencegah penyakit degeneratif yang menyerang mata akibat penuaan, dan menjaga penglihatan pada lansia.
  6. Menjaga kesehatan otak: Zinc membantu meningkatkan kemampuan belajar dan ingatan dengan memperbaiki komunikasi antar neuron di otak.
  7. Mencegah penyakit usia: Zinc dapat mencegah berbagai penyakit yang terkait dengan penuaan seperti pneumonia, infeksi, dan degenerasi makula, serta meningkatkan kemampuan respons dan kognitif pada vaksinasi influenza.
  8. Menangani diare pada balita dan orang dewasa: Zinc dapat efektif menangani diare pada balita dan orang dewasa dengan mengonsumsi suplemen zinc dalam dosis yang dianjurkan.
  9. Memelihara kesehatan jantung: Zinc dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan mengatur kadar kolesterol, yang berdampak pada kesehatan jantung.
  10. Meredakan flu: Zinc dapat mengurangi gejala penderita flu dan mempercepat proses penyembuhan penyakit flu dengan melindungi membran mucous di hidung dan tenggorokan dari rhinovirus.
  11. Kandungan zinc juga memiliki manfaat penting dalam meningkatkan kesuburan pria dengan cara meningkatkan produksi testosteron, mencegah disfungsi ereksi, dan meningkatkan kualitas sperma. Namun, zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita meskipun manfaatnya lebih optimal bagi pria.

Setiap orang memiliki kebutuhan zinc yang berbeda-beda, tergantung pada usia, kesehatan, dan jenis kelamin. Kekurangan zinc dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak, penurunan daya tahan tubuh, kerusakan sel-sel otak, dan masalah kesehatan reproduksi. Kekurangan zinc juga dapat menyebabkan masalah kulit, seperti kulit kering, gatal-gatal, dan jerawat.

Dalam rangka mendapatkan manfaat zinc, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung zinc seperti daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu. Selain itu, bisa juga mengonsumsi suplemen zinc seperti redoxon.

Suplemen multivitamin Redoxon mengandung vitamin C dan zinc (seng) yang berfungsi untuk memelihara daya tahan tubuh. Vitamin C dalam suplemen ini berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, sementara zinc (seng) membantu memaksimalkan kerja enzim dalam tubuh serta menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, Redoxon juga dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan vitamin C dan zinc, mempercepat penyembuhan infeksi, demam, sariawan, gusi berdarah, serta perawatan pasca operasi.

Redoxon juga memiliki varian lain, yaitu Redoxon Triple Action, yang mengandung vitamin D sebanyak 400 IU. Vitamin D dalam suplemen ini berfungsi untuk mendorong kinerja sel darah putih dalam melindungi tubuh dari penyakit.

Cara mengonsumsi Redoxon juga sangat gampang cukup hanya dengan melarutkan 1 buah tablet dalam segelas air, kemudian dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Pastikan tablet telah benar-benar larut dalam air sebelum diminum.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *